Tips untuk orang tua selama mendampingi anak belajar online
Gambar ilstrasi

Selamat datang pembaca sanggauinformasi.com dimanapun anda berada, salam hebat luar biasa untuk kita semua. Selama masih diberlakukannya sekolah di rumah selama pandemi Covid-19, setiap orang tua murid sepertinya memang perlu mengetahui tentang artikel ini dengan judul “tips untuk orang tua selama mendampingi anak belajar online”. Dengan adanya surat edaran Kadis Pendidikan Provinsi Kalimantan Barat bahwa masyarakat Kalbar belum bisa STM (Sekolah Tatap Muka) maka dipandang perlu orang tua untuk mendampingi anaknya untuk belajar Daring. 

Surat edaran belum bisa Sekolah Tatap Muka (STM) 


Oleh karena hal tersebut, kami menaikan artikel ini dengan judul “Tips untuk orang tua selama mendampingi anak belajar online” supaya menjadi acuan bagi orang tua yang bingung, yang tidak tahu harus berbuat apa menyikapi gelagat anak-anaknya. Tindakan orang tua dipandang sangat perlu, sebab guru tidak memungkinkan untuk datang ke rumah setiap siswanya, tentu saja hal ini membuat belajar mengajar anak sepenuhnya terpaku pada orang tua.  

Akan tetapi, mungkin tidak semua orang tua terbiasa mendampingi anak belajar, yang terkadang bisa menjadi tantangan baru juga. Bahkan, tak jarang pula orang tua yang kalang kabut karena banyaknya pelajaran dan tugas yang diberikan oleh guru. Nah, agar semua proses belajar tetap efektif meskipun dilakukan di rumah, maka bagi pembaca yang mempunyai anak sekolah perlu mengetahui tentang tips mendampingi anak belajar online selama pandemi.

Penasaran apa sajakah itu? Yuk kita simak bersama! Tips Mendampingi Anak Belajar Online Dilansir dari berbagai sumber, berikut beberapa tips mendampingi anak belajar online di rumah selama pandemi Covid-19 yang perlu diketahui, yaitu adalah: 

1. Memberikan Suasana Belajar yang Kondusif 

Untuk bisa tenang ciptakan suasana hening, lingkungan nyaman, sediakan ruangan khusus belajar anak dan lengkapi seperti meja, kursi, ATK dan bilang seisi rumah untuk tenang ketika anak belajar secara daring. Jika tidak ada ruang khusus disarankan ruang tamu, perlakukan anak seperti tamu yang berkunjung dirumah sehingga suasana tenang bisa dirasakan.

2. Membuat Jadwal Belajar Harian 

Setelah menyiapkan suasana belajar yang kondusif, tips mendampingi anak belajar online selanjutnya adalah dengan membuat jadwal belajar harian. Pastikan bahwa jadwal belajar anak tersusun dengan rapi, mulai dari bangun pagi di jam tertentu, sarapan, kapan mulai belajar, waktu istirahat, hingga berakhirnya sesi belajar. Berapapun usia anak, mengajarkan mereka untuk selalu menepati jadwal harian yang sudah ditetapkan bisa menjadi pelajaran hidup tersendiri. Kita sebagai orang tua harus melatih mereka sejak dini. 

Ditambah lagi, belajar di rumah tidak akan ada bel yang menjadi pengingat ketika bergantinya jam pelajaran. Dilansir dari situs The Asian Parent Indonesia yang mengutip dari Nytimes, belajar di rumah nyatanya bisa membuat anak belajar untuk mengatur dirinya agar lebih disiplin. Tak hanya itu, membuat jadwal belajar harian untuk anak juga bisa membantu mereka agar lebih terencana, sehingga proses belajar mengajar di rumah menjadi lebih efektif. 

3. Waktu Belajar yang Disesuaikan 

Walaupun belajar di rumah, bukan berarti kita sebagai orang tua harus memberlakukan waktu yang sama ketika anak belajar di sekolah. Kita perlu menyesuaikannya dengan kondisi anak, anggota keluarga lainnya, serta lingkungan di rumah. Jangan pernah menargetkan anak untuk bisa menyelesaikan tugas dalam satu waktu sementara orang tua juga memiliki tugas lain yang harus dikerjakan. Sebaliknya, kita bisa menetapkan target yang harus dicapai oleh sang anak per harinya, sehingga anak akan terbebas dari stress dan irama belajar mengajar di rumah juga menjadi lebih efektif. 

4. Persiapkan Dana Khusus untuk Kuota Internet 

Dana khusus ini untuk membeli Kuota sehingga anak bisa mengakses informasi di Google. Hal ini kita persiapkan karena pemerintah tidak menanggung sepenuhnya kuota untuk mengakses Google. Pemerintah hanya memberi Kuota untuk mengakses Aplikasi Edukasi untuk anak belajar dan sebagaian saja untuk mengakses Google. Anda bisa dengan mudah mendapatkan Kuota gratis ini via Aplikasi masing-masing Operator Selluler seperti app market operator Telkomsel dan Indosat

Alokasi Kuota yang disediakan pemerintah adalah :

  1. Kuota umum, yang dapat digunakan untuk mengakses seluruh platform dan aplikasi
  2. Kuota belajar,  yang hanya dapat digunakan untuk mengakses laman dan aplikasi pembelajaran. 

Mengingat banyaknya jenjang pendidikan yang ada, maka Kemdikbud membagikan atau melakukan penjatahan kuota gratis menurut jenjang pendidikan yang ada, seperti : 

Peserta Didik Jenjang PAUD 20 GB per bulan akan dibagi menjadi, 
1) 5 GB kuota umum 
2) 15 GB Kuota Belajar 
3) 4 Bulan Durasi Bantuan 

Peserta Didik Jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah: 35 GB/bulan akan dibagi menjadi, 
1) 5 GB Kuota Umum 
2) 30 GB Kuota Belajar 
3) 4 Bulan Durasi Bantuan 

Pendidik Jenjang SMA : 42 GB/bulan akan dibagi menjadi, 
1) 5 GB Kuota Umum 
2) 37 GB Kuota Belajar3 
3) 4 Bulan Durasi Bantuan 

Dosen dan Mahasiswa: 50 GB per bulan akan dibagi menjadi, 
1) 5 GB Kuota Umum 
2) 45 GB Kuota Belajar 
3) 4 Bulan Durasi Bantuan

Berkenaan dengan kuota ini kita sebagai orang tua harus memperhatikan secara benar akses penggunaan internet. Jangan sampai hadirnya internet itu sendiri justru membuat anak menjadi kecanduan gadget. 

5. Gunakan Cara Belajar yang Menyenangkan

Tips mendampingi anak belajar online selanjutnya adalah dengan menggunakan cara belajar yang menyenangkan, agar anak juga dengan senang hati melalui proses belajar mengajar di rumah, khususnya bagi anak-anak yang masih kecil dan cenderung mudah bosan. Kita bisa menggunakan cara kreatif seperti menggunakan benda atau mainan favorit mereka sebagai instrumen belajar. Proses belajar mengajar yang dilakukan dalam bentuk permainan atau cara kreatif lainnya bisa melatih kemampuan sensorik maupun motorik anak. 

6. Gunakan Materi di Situs Pendidikan Resmi yang Tersedia Secara Gratis 

Apabila orangtua kehabisan bahan ajar ketika mendampingi anak belajar di rumah, memanfaatkan materi yang tersedia secara gratis di situs pendidikan resmi. Sebab, saat ini pemerintah melalui Kemendikbud telah bekerjasama dengan beberapa situs pendidikan resmi dan kredibel untuk mendukung belajar mengajar anak secara daring selama pandemi. Ditambah lagi, situs-situs ini bisa digunakan sepenuhnya secara gratis! Nah, beberapa yang bisa dijadikan sebagai solusi adalah: 

Daftar aplikasi yang bisa dan disahkan dapat dipakai untuk mengakses kuota belajar Kemendikbud adalah : 

  1. Aplikasi Whatsapp 
  2. Aplikasi dan website Google Classroom 
  3. Aplikasi dan website Aminin 
  4. Aplikasi dan website Ayoblajar 
  5. Aplikasi dan website Bahaso 
  6. Aplikasi dan website Birru 
  7. Aplikasi dan website Cakap 
  8. Aplikasi dan website Duolingo 
  9. Aplikasi dan website Edmodo 
  10. Aplikasi dan website Eduka system 
  11. Aplikasi dan website Ganeca digital 
  12. Aplikasi dan website Kipin School 4.0 
  13. Aplikasi dan website Microsoft Education 
  14. Aplikasi dan website Quipper 
  15. Aplikasi dan website Ruang Guru 
  16. Aplikasi dan website Rumah Belajar 
  17. Aplikasi dan website Sekolah.Mu 
  18. Aplikasi dan website Udemy 
  19. Aplikasi dan website Zenius
Aplikasi  tersebut bisa diunduh di Playstore . Sedangkan aplikasi atau platform video conference yang bisa digunakan menggunakan kuota belajar adalah : 
Sedangkan website untuk belajar online, yang bisa diakses oleh Kuota Internet yang disubsidi oleh pemerintah adalah : 

Itulah beberapa fasilitas aplikasi dan website yang mendukung anak-anak untuk belajar. Sedangkan media untuk menggunakannya adalah kuota atau wifi dan Smartphone atau Tablet atau Komputer. Oleh sebab itu, orang tua harus bisa menyisihkan sebagian dari anggaran rumah tangga bulanan untuk tambahan dana kuota internet atau wifi untuk sang anak. Walaupun umumnya anak sudah mendapatkan arahan mengenai bahan bacaan dan materi pembelajaran, orangtua juga harus menyiapkan bahan-bahan di luar materi tersebut, dengan tujuan agar anak bisa mendapatkan pengetahuan baru. 

7. Awasi Penggunaan Media Sosial dan Game 

Tips mendampingi anak belajar online selanjutnya adalah dengan mengawasi penggunaan media sosial dan game. Meskipun belajar di rumah cenderung lebih fleksibel, bukan berarti anak bisa bermain gadget sepuasnya. Memang patut dimengerti bahwa anak juga memiliki kebutuhan akan berinteraksi dan bermain bersama teman-teman sebayanya, walaupun itu melalui daring. 

Akan tetapi, wadah informasi yang begitu luasnya saat ini juga mengharuskan orangtua untuk tetap mengawasi interaksi anak dan teman-temannya. Tak hanya itu, game online juga saat ini seringkali menjadi wadah anak untuk tetap bisa bermain bersama teman sebayanya secara virtual ketika mereka tidak bisa bermain bersama di dunia nyata. Nah, walaupun bermain game online tetap diperlukan, kita sebagai orang tua juga tetap harus mengawasi durasi mereka dalam bermain. 

8. Terapkan Kedisiplinan 

Disiplin juga merupakan salah satu tips mendampingi anak belajar online agar bisa lebih efektif selama melakukan belajar mengajar di rumah. Sejak awal, kita harus bisa mengenalkan kepada anak mengenai “aturan main” selama proses belajar di rumah. Hal ini juga berhubungan dengan poin sebelumnya yang membahas tentang membuat jadwal harian, yaitu dengan membiasakan anak untuk disiplin mengikuti jadwal yang telah dibuat bersama. 

Selain itu, kita juga bisa mendiskusikan dengan anak mengenai pembagian waktu serta konsekuensi terbaik yang bisa diterapkan bersama. Karena, dengan memberlakukannya kedisiplinan ini, proses belajar mengajar bisa lebih terjadwal, rutin, dan waktu di rumah yang juga digunakan untuk belajar pun menjadi efisien. 

9. Hindari Pemicu Stress 

Nah, tips mendampingi anak belajar online yang terakhir akan kita bahas adalah, sebisa mungkin jangan membuat anak stress dan merasa tertekan. Terlalu lama berkutat dengan hal yang sama terkadang membuat orang menjadi stress. Bukan hanya anak saja, orangtua pun juga bisa berpotensi mengalami stress ketika mendampingi anak belajar. Oleh karena itu, orang tua  dan anak tetap perlu menyeimbangkan kegiatan antara belajar dan bermain, guna menghindari terjadinya stress tersebut. 

Jika terlihat sudah tidak terlalu kurang tertarik dengan belajar, kita bisa mengajak anak untuk beristirahat sejenak, baik itu hanya sekadar rebahan, nonton TV, ataupun piknik di halaman rumah sambil berbincang dengan anak mengenai berbagai hal, agar rasa jenuh bisa berkurang secara perlahan. 

Jadi, itulah beberapa tips mendampingi anak belajar online yang bisa kita terapkan di rumah selama pandemi. Sesuai dengan namanya, melakukan aktivitas belajar online tentu membutuhkan akses internet sebagai kunci utamanya.

Karenanya, tidak hanya tips mendampingi anak belajar saja yang perlu diketahui, tetapi orang tua juga perlu menyiapkan fasilitas internet terbaik, guna mendukung aktivitas belajar mengajar. Agar transaksi pembelian internet menjadi jauh lebih mudah dan cepat, khusus diperkampungan gunakan aplikasi Mobile Banking/SMS Banking. Isi saldo pulsa dan beli paket promo pada masing-masing app market operator seperti Telkomsel dan Indosat dan bagi yang diperkotaan silahakn gunakan saja kartu kredit. Karena banyak kartu kredit yang memberikan promo dan diskon menggiurkan agar pembelian internet menjadi lebih hemat. 

Apabila belum memiliki kartu kredit, segera kunjungi saja CekAja.com. Karena, selain bisa melakukan perbandingan untuk mengetahui jenis kartu kredit manakah yang paling sesuai dengan kebutuhan dan gaya hidup, seluruh proses pengajuan juga dapat dilakukan secara online sepenuhnya. Jadi, kita tak perlu repot lagi meluangkan waktu untuk ke luar rumah. Bahkan, setiap kartu kredit yang sudah disetujui bisa langsung dikirimkan ke alamat yang kita lampirkan pada saat pengajuan. 

Semoga informasi ini bermanfaat  bagi para pembaca setia sanggauinformasi.com

Sumber materi artikel : 
cekaja.com
idcloudhost.com

Tentang Sanggau Informasi

Sanggau Informasi adalah media online untuk menyebarkan informasi yang tajam dan terpercaya dari berbagai sumber media online mainstream yang ada dan online di Indonesia yang dibutuhkan oleh masyarakat Sanggau dan sekitarnya bahkan untuk umum. Media Online Blog Sanggau Informasi memiliki Channel Youtube, Instagram, Twitter, Telegram, Fanpage dan Group Facebook sebagai portal penyaluran informasi yang berimbang. 

Melalui media online ini anda bisa update informasi viral nasional, repost berita Pemda Sanggau, dan hal menarik lainnya. Berikut layanan yang kami sediakan sebagai wadah untuk mensupport blog media online Sanggau Informasi :

  1. Review Produk/Jasa (Kontribusi disesuaikan)
  2. Desain Iklan dan dipajang durasi 1 bulan  Rp 300.000,-
  3. Pembuatan Website Gratis terintegrasi dengan sosmed dan Google Map (4 Menu/Laman : Beranda, Service/Etalase Toko, Kontak dan Tentang), Silahkan order domain dan hosting di situs  Hoster atau Niagahoster
  4. Desain rutin untuk ucapan hari besar/raya/nasional dengan harga Rp 500.000/Bulan Durasi online selamanya di Instagram, Facebook dan Twitter (2 desain tiap bulan) dan durasi 2 minggu di Blog Media Online Sanggau Informasi
  5. Menyediakan penjualan produk dan rekrutmen Mitra eksklusif HWI 
Untuk informasi lebih lanjut silahkan hubungi admin blog Sanggau Informasi Timotius Hp 085820835767

Tinggalkan Balasan