“Salam literasi… Literasi untuk kesejahteraan”

Kabar baik bagi yang maniak membaca buku kini pemerintah kabupaten Sanggau Bupati Paolus Hadi, S.IP, M.Si dan wabup Drs. Yohanes Ontot, M.Si serta kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Sanggau H. Sukri, S.Sos. M.Si.  sudah menyediakan perpustakaan daerah yang mana menyediakan berbagai macam kategori buku yang sangat diperlukan oleh para pelajar dan mahasiswa dan tentunya untuk berbagai kalangan. 

Perpustakaan daerah kabupaten Sanggau adalah Perpustakaan yang bersifat umum dibawah naungan dinas Kearsipan dan Perpustakaan kabupaten Sanggau. Pelayanan yang disediakan seperti baca dan pinjam buku, Perpustakaan digital yang dikemas dalam aplikasi iSanggau, pelayanan multimedia dengan  akses internet gratis, Perpustakaan daerah menyediakan 32.804 eksemplar 13.869 judul buku terdiri dari bacaan umum bacaan khusus anak-anak dan koleksi buku UT. 

Yuk lihat luar dalam Perpustakaan Daerah Kabupaten Sanggau

Bangunan Perpustakaan Daerah Kabupaten Sanggau

Murdiansyah,S.IP Kepala Bidang Perpustakaan yang juga merangkap sebagai Plt. Sekretaris Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Sanggau mengatakan bahwa “Perpustakaan daerah kabupaten Sanggau rencana diresmikan pada April 2020 tapi berhubung Pandemik Covid-19 peresmian ditunda supaya keramaian tidak terjadi di Perpustakaan. Rencana Januari 2021 akan diresmikan itupun mempertimbangkan situasi dan kondisi” ujar beliau. 

Perpustakaan daerah kabupaten Sanggau juga mendapat bantuan dari Bank Indonesia berupa Buku. Jadi jika masyarakat melihat ruangan perpustakaan BI Corner, maka semua buku yang ada disitu adalah bantuan Bank Indonesia. Perpustakaan daerah kabupaten Sanggau terbuka untuk umum, semua orang bisa menjadi member termasuk mereka yang tidak berdomisili di Kabupaten Sanggau, tentu ada ketentuannya, dan semuanya gratis” ujar beliau.

Pak Murdiansyah, S.IP juga mengatakan bahwa Perpustakaan Sanggau memiliki aplikasi mobile iSanggau yang bisa di download di Playstore oleh masyarakat Sanggau dan untuk umum. Aplikasi tersebut menyuguhkan E-Book (Buku Elektronik) yang mudah dibaca dan perpustakaan digital persembahan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Sanggau. iSanggau app merupakan aplikasi perpustakaan digital berbasis media sosial yang dilengkapi dengan eReader untuk membaca ebook. 

Dengan fitur-fitur media sosial masyarakat atau pengguna dapat terhubung dan berinteraksi dengan pengguna yang lain. Anda dapat memberikan rekomendasi buku yang sedang Anda baca, menyampaikan ulasan buku serta mendapatkan teman baru. Membaca ebook di iSanggau jadi lebih menyenangkan karena Anda dapat membaca ebook secara online maupun offline. Silahkan download disini dan jelajahi fitur-fitur unggulan iSanggau :

  1. Koleksi Buku : Ini adalah fitur yang mengantarkan Anda menjelajahi ribuan judul ebook yang ada di iSanggau. Pilih judul yang Anda inginkan, pinjam dan baca hanya dengan ujung jari Anda. 
  2. ePustaka : Fitur unggulan iSanggau yang memungkinkan Anda bergabung menjadi anggota perpustakaan digital dengan koleksi beragam dan menjadikan perpustakaan berada dalam genggaman. 
  3. Feed : Untuk melihat semua aktifitas pengguna iSanggau seperti informasi buku terbaru, buku yang dipinjam pengguna lain dan beragam aktifitas lainnya. 
  4. Rak Buku : Merupakan rak buku virtual milik Anda dimana semua riwayat peminjaman buku tersimpan di dalamnya.
  5. eReader : Fitur yang memudahkan Anda membaca ebook di dalam iSanggau

Banner Aplikasi iSanggau

Informasi lainnya dari petugas pengelola perpustakaan daerah kabupaten Sanggau Irsam Zaki mengatakan bahwa ruangan perpustakaan daerah Kabupaten Sanggau dibagi menjadi 5 arena, yaitu : 

1. Ruangan perpustakaan khusus anak-anak (Paud-SD)

Perpustakaan Daerah Kabupaten Sanggau Free Member

Perpustakaan khusus anak-anak

Perpustakaan Daerah Kabupaten Sanggau Free Member
Meja khusus anak PAUD


2. Ruangan perpustakaan khusus dewasa (SMP, SMA, Mahasiswa dan umum)


Perpustakaan Daerah Kabupaten Sanggau Free Member

Perpustakaan khusus dewasa

Perpustakaan Daerah Kabupaten Sanggau Free Member
Buku disusun sesuai kategori

3. Ruang BI Corner (Semua buku dari Bank Indonesia)


Perpustakaan Daerah Kabupaten Sanggau Free Member

Pak Murdiansyah,S.IP dan pak Irsam Zaki


4. Arena Media yang menyediakan 15-20 unit komputer untuk browsing informasi 

Perpustakaan Daerah Kabupaten Sanggau Free Member

Arena ini segera dilengkapi seperangkat alat komputer sebanyak 15-20 unit untuk mengakses informasi

5. Arena membaca, meja dan kursi khusus untuk membaca buku 

Perpustakaan Daerah Kabupaten Sanggau Free Member
Arena membaca buku

Pak Irsam Zaki juga menuturkan “untuk menjadi anggota cukup mengisi formulir dan menyerahkan foto copy identitas kemudian langsung di cetak kartu anggota, dengan menjadi anggota perpustakaan maka pemustaka  bisa meminjam buku dan menggunakan perangkat komputer. Selain itu Perpustakaan daerah juga memiliki mobil dan motor Perpustakaan keliling untuk menjangkau masyarakat yang jauh atau terpencil”

Pak Irsam Zaki,  Pak Murdiansyah dan pak Syafrudin 

Informasi lainnya yang disampaikan oleh pak Syafrudin petugas perpustakaan adalah jika ingin menjadi anggota perpustakaan harus mengisi formulir lengkap dan bebas biaya. 

Semasa pandemi pelayanan secara resmi belum dibuka akan tetapi pemustaka yang memiliki keperluan khusus akan dilayani sesuai prokes. Mudah-mudahan dalam waktu dekat yang direncanakan bupati untuk meresmikan Perpustakaan Daerah dapat terwujud sehingga pelayanan perpustakaan yang ditunggu masyarakat dapat terlaksana.

Tentang Sanggau Informasi

Sanggau Informasi adalah media online untuk menyebarkan informasi yang tajam dan terpercaya dari berbagai sumber media online mainstream yang ada dan online di Indonesia yang dibutuhkan oleh masyarakat Sanggau dan sekitarnya bahkan untuk umum. Media Online Blog Sanggau Informasi memiliki Channel Youtube, Instagram, Twitter, Telegram, Fanpage dan Group Facebook sebagai portal penyaluran informasi yang berimbang. 

Melalui media online ini anda bisa update informasi viral nasional, repost berita Pemda Sanggau, dan hal menarik lainnya. Berikut layanan yang kami sediakan sebagai wadah untuk mensupport blog media online Sanggau Informasi :

  1. Review Produk/Jasa (Kontribusi disesuaikan)
  2. Desain Iklan dan dipajang durasi 1 bulan  Rp 300.000,-
  3. Pembuatan Website Gratis terintegrasi dengan sosmed dan Google Map (4 Menu/Laman : Beranda, Service/Etalase Toko, Kontak dan Tentang), Silahkan order domain dan hosting di situs  Hoster atau Niagahoster
  4. Desain rutin untuk ucapan hari besar/raya/nasional dengan harga Rp 500.000/Bulan Durasi online selamanya di Instagram, Facebook dan Twitter (2 desain tiap bulan) dan durasi 2 minggu di Blog Media Online Sanggau Informasi
  5. Menyediakan penjualan produk dan rekrutmen Mitra eksklusif HWI 
Untuk informasi lebih lanjut silahkan hubungi admin blog Sanggau Informasi Timotius Hp 085820835767

Tinggalkan Balasan