Tetap setia dengan kebenaran walaupun dihimpit kesulitan ekonomi pada akhirnya mendatangkan sukacita

Seseorang pernah berkata, “Jangan menilai setiap hari berdasarkan tuaian yang kita peroleh tetapi berdasarkan benih yang kita tanam.” Ada harapan di dalam hati petani ketika menantikan datangnya musim panen. Masa-masa penantian itu merupakan masa yang sulit di mana ia harus bekerja keras merawat, membersihkan dan memupuki tanamannya. Saat seperti itu, ia bahkan tidak memanen apa-apa karena benih itu baru mulai tumbuh. Tetapi apa yang terus memacu dia untuk terus bertekun adalah keyakinan bahwa benih yang ditanam itu akan segera mendatangkan hasil.

Kisah dalam Kitab Rut menceritakan tentang Naomi yang ditinggal mati oleh suaminya, kemudian menyusul lagi dua orang anaknya. Kini tiga orang janda tinggal bersama, Naomi dan kedua menantunya Orpa dan Rut. Orpa memutuskan untuk pulang kepada keluarga dan bangsanya tetapi Rut mengikuti Naomi kembali ke Betlehem. Rut tidak lari dari kemelut yang terjadi di dalam keluarganya melainkan menjalani dengan setia setiap keadaan yang Tuhan izinkan terjadi di dalam hidupnya. Kesetiaan yang ditaburkan Rut akhirnya berbuah. Boas yang kaya raya dan masih memunyai hubungan keluarga dengan Elimelekh, bersedia menebus tanah Elimelekh yang hendak dijual Naomi, sekaligus menyunting Rut menjadi istrinya. Kemelut pun berakhir dan sukacita datang. Apalagi ketika Rut melahirkan anak laki-laki bernama Obed yang menjadi sukacita bagi Naomi. Adalah bijak menantikan Tuhan dan membiarkan-Nya bekerja untuk mendatangkan kebaikan bagi kita.

Kita belajar bahwa penderitaan yang diizinkan Tuhan terjadi di dalam hidup kita, dimaksudkan untuk membawa kita lebih dekat kepada-Nya. Mungkin saat ini kita sedang mengalami kemelut hidup seperti yang dialami Rut dan Naomi. Kita sedang mengalami masa-masa yang sukar, masa-masa di mana kita belum memanen hasil apa-apa dari apa yang kita tanam. Kalau kita tetap setia, tekun dan tetap berharap kepada Tuhan, akan tiba saatnya di mana Tuhan memulihkan semuanya dan kita akan menuai hasil dari kesetiaan kita. Tuhan memberkati.

By: Pdt. Roynald Stefly Mumekh, S.Th
(Jika berkenan bisa dishare ke yang lain)

Bagi anda yang ingin mendapatkan layanan lebih lanjut, silakan hubungi: 085395218038; 085691000519

Bagi anda yang tergerak memberi taburan, bisa langsung ke salahsatu nomor rekening pelayanan berikut ini:
BCA,
acc: 792-04-7943-4;
BRI,
acc:5189-01-009698-532;
Mandiri,
acc: 102-00-0481904-8

Pos Terkait:

Komentar