NABO: NAGA BORNEO

Mendengar kata Naga memang sudah tak asing lagi. Bahkan disetiap daerah memiliki ceritanya masih-masih dengan nama yang berbeda-beda pula.

Naga atau Nabo dalam Bhs.Dayak Tobak biasa dikaitkan dengan hal-hal yang mistis hingga bulan purnama penuh yang tiba-tiba ditutup sesuatu dan biasa hal itu disebut Nabo sedang menelan bulan. Menjadikan penduduk gempar karna diyakini akan menghasilkan bencana pada wilayah yang ditutupinya.

Oleh sebab itu pada jaman dahulu semua penduduk lelaki dewasa pun keluar rumah disertai dengan membuat kebisingan dan membawa Senapang Lantak untuk ditembakan kearah bulan yang tertutup agar sang bulan dapat bersinar lagi.

Mungkin sedikit tidak masuk akal karna bulan purnama yang tertutup sesuatu itu bisa jadi adalah gerhana bulan tapi itu lah hal unik yang bisa dilihat oleh orang tua jaman dahulu.

Tapi dengan berkembangnya jaman kejadian itu sudah tidak ada lagi karna generasi yang baru sudah tidak melakukan hal itu.

Dan intinya Nabo sendiri adalah sebutan lain dari seekor Naga yang disebut dalam Bhs.Ope-ope, Suku Dayak Tobak.

Keterangan: foto diatas cuma sebagai bukti bahwa dalam kebudayaan suku Dayak juga mempercayai kalau Naga itu memang ada.

Jangan lupa Like [👍] & Comment [😄]📝 Tabe boh madi

Pos Terkait:

Komentar