Mengenal kerja pikiran bawah sadar

Mau tidak mau, suka atau tidak, kenyataannya manusia itu memiliki pikiran sadar (conscious mind) dan pikiran bawah sadar (sub conscious mind) yang merupakan anugerah dari Tuhan. Pikiran sadar (PS) adalah proses pemikiran yang Anda sadari dan Anda kendalikan. Contoh: saat mengerjakan soal matematika, saat Anda memilih hari ini mau masak apa, tempe, ayam, atau ikan.

Pikiran bawah sadar (PBS) adalah proses pemikiran yang tidak melalui kendali sadar kita. Contoh: Saat Anda ditanya suka warna apa? Spontan Anda langsung menjawab merah. Saat ditanya mengapa? Anda tidak tahu mengapa Anda suka warna merah, karena memang pikiran sadar Anda tidak ikut campur dalam proses pemikiran itu. Ternyata orang tua Anda dulu mengajarkan warna merah itu berani. Kamu harus menjadi anak pemberani. Jadi isi pikiran bawah sadar (PBS) adalah data² yang dahulu kita masukkan dalam bawah sadar melalui pengulangan/ kebiasaan, emosi yg berlebihan, perkataan orang lain yg berpengaruh misalnya perkataan orang tua, pastor, pendeta, ustadz,, guru dll.

Terhadap kehidupan kita, pikiran sadar hanya memiliki potensi/ pengaruh 10%, sedangkan pikiran bawah sadar memiliki pengaruh yg sangat kuat yaitu 90%. Jadi mempelajari pikirkan bawah sadar ini sangat penting karena nasib kita 90% ditentukan oleh pikiran bawah sadar.

Pikiran manusia itu seperti gunung es yang nampak di permukaan laut hanya kecil 10% yaitu pikiran sadar kita. Sedangkan yang tidak nampak di dalam laut besar sekali yaitu 90% inilah yang sangat mempengaruhi nasib kita yang disebut pikiran bawah sadar.

Sebagian besar data yg ada di pikiran bawah sadar kita saat ini adalah data yang diperoleh saat usia kurang dari 7 tahun. Terus diperkuat dengan bukti baru yang cocok sepanjang hidup kita. Data² yang ada di pikiran bawah sadar itu kita anggap benar dan menjadi panduan seumur hidup kita, bila kita tidak memprogram ulang pikiran bawah sadar kita. Sehingga kita sulit menerima kebenaran lain di luar sana. Nampak aneh tetapi itulah faktanya.

Misalnya saat usia 3 tahun diajak pembantu main ke rumah tetangga. Pembantu ngobrol dengan tetangga tentang nasib mereka yang tidak kunjung membaik. Uang yang sulit dicari, harus kerja keras untuk mendapatkan uang. Majikan yang pelit. Mulailah anak umur 3 tahun ini muncul data dasar bahwa uang itu sulit dicari, uang menimbulkan kesedihan & kemarahan, harus kerja keras untuk uang, dan orang kaya itu jahat. Meskipun dia belum bisa mencerna semua itu, gambaran negatif tentang uang & kaya sudah mulai tersimpan.

Setelah usia 5 tahun, si anak melihat orang tuanya bertengkar dan menyebut² uang. Ketika meminta uang untuk beli mainan dibentak. Maka data negatif tentang uang semakin tertanam. Hubungan antara uang dan sesuatu yang negatif terbentuk semakin kuat. Setelah usia 18 tahun nasibnya sudah terbentuk yaitu sulit mencari uang & sulit menjadi kaya.

Bawah sadar si anak akan menuntun agar kesulitan mendapatkan uang. Seandainya dia mendapatkan uang akan langsung timbul ide untuk menghabiskan uang. Muncul ide kredit mobil, memperbesar kamar, renovasi dapur, sampai uangnya habis. Dia mungkin hidup mewah tapi tidak bisa menjadi kaya, terlalu banyak beban biaya. Ingat, kaya sejati adalah bila penghasilan pasif lebih besar daripada biaya hidup.

Pola pikir dari pikiran bawah sadar itulah yg disebut mental block bidang keuangan. Setelah dewasa Anda mungkin frustrasi dengan lelahnya bekerja untuk menutup biaya hidup yang semakin besar. Anda ingin berubah. Anda mulai berbisnis sampingan, membuka toko kelontong, sukses sebentar turun lagi. Ganti buka bengkel, sukses sebentar turun lagi. Ganti lagi bisnis sandal, muncul pesaing dan kalah saing bisnis berhenti. Terus begitu, naik turun sampai tua, seperti naik rollercoaster.

Tanpa mengubah program bawah sadar yang tanpa sadar menyetir hidup Anda, mustahil perubahan nasib bisa terjadi. Ide² membangun bisnis tersebut hanyalah jebakan Batman yang hanya menambah masalah & beban biaya dalam hidup, tanpa menambah kekayaan. Siapakah yang membuat gagal bisnis Anda tidak lain adalah pikiran bawah sadar Anda sendiri yang isinya adalah mental block. Jadi tidak perlu menyalahkan orang lain atau Tuhan. Pikiran bawah sadar itu bekerja 24 jam sehari. Bahkan saat Anda tidur, pikiran bawah sadar Anda tetap bekerja mencari jalan untuk mewujudkan apa yg telah diprogramkan di bawah sadar.

Contohnya pikiran bawah sadar yang isinya mental block bisa menghubungi pikiran bawah sadar orang lain untuk mendatangkan pencuri, pesaing, penipu, apapun yang bisa menggagalkan bisnis Anda. Semua itu dilakukan untuk mencapai tujuan hidup Anda yang telah tertanam di pikiran bawah sadar yaitu kerja keras mencari uang & sulit untuk menjadi kaya. Inilah yang disebut iri kepada orang yang sudah sukses sehingga anda selalu negatif thingking dan susah menjadi sukses.

Bagaimana cara menghilangkan negatif thingking, ya dengan memprogram ulang isi pikiran bawah sadar Anda. Jika pikiran bawah sadar Anda telah terisi dengan program baru: hidup itu mudah, memiliki pasif income besar, pensiun muda pensiun kaya, dsb misalnya dalam bidang keuangan. Maka pikiran bawah sadar Anda akan bekerja 24 jam sehari untuk mendukung dan mencapai hal² itu sebagai tujuan hidup. Dan terbentuklah kebiasaan baru berpikir positif. Perjalanan Anda akan lancar tanpa jebakan Batman. Mengapa? Karena pikiran bawah sadar memiliki pengaruh 90% dalam kehidupan kita.

Apapun yang sudah tertanam di pikiran bawah sadar akan menjadi tujuan hidup kita. Mirip seperti rudal, peluru kendali jarak jauh. Sasaran yang sudah ditetapkan pasti bisa ditembak. Inilah salah satu fungsi pikiran bawah sadar. Waktu kita membelok ada mekanisme untuk mengarahkan kembali kepada tujuan semula. Bawah sadar seseorang bisa berhubungan dengan bawah sadar orang lain untuk membantu mencapai sasaran yang sudah ditetapkan. Sesuatu yang sudah tertanam dalam pikiran bawah sadar itu berlaku untuk selamanya sampai orang itu memprogram ulang pikiran bawah sadar dengan sasaran/tujuan baru.

Jadi mengapa orang miskin makin miskin dan orang kaya semakin kaya??? Karena isi pikiran bawah sadar. Dan orang miskin yang mau berubah menjadi kaya harus MENYEBERANG dengan cara memprogram ulang pikiran bawah sadarnya. Yaitu dengan cara merubah semua kebiasaan, membaca dan menyakini bahwa hasil pekerjaan kita adalah memuaskan, berafirmasi, fokus pada rencana goal bisnis, feeling good, katakan aku mendapat yang terbaik dari Tuhan, sampai pengulangan lebih dari 21 kali. Fullkan pemikiran kita dengan yang baik-baik.

Sumber dari Group Whatsapp

Pos Terkait:

Komentar