Mau bisa TTE Tanda Tangan Elektrik daftarkan ke PSrE yang terverifikasi oleh Kominfo

Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia (Kemkominfo RI) secara resmi menggelar launching Penyelenggara Sertifikasi Elektronik (PSrE) seminggu yang lalu 13 November 2019. Tujuan ini supaya kedepannya masyarakat dan pejabat negara bisa menanda tangani berkas dokumen secara elektronik atau via internet. Jadi tidak ada lagi alasan kepada dinas atau apalah jabatannya tidak bisa tanda tangan karena tidak ada dikantor. Kedepannya banyak ASN bekerja dimana saja bisa karena menggunakan internet yang difasilitasi negara via inovasi e-government.

Tanda Tangan Elektronik. Sanggau Informasi
Tanda Tangan Elektronik. Gambar dari Google

Tanda tangan elektronik sama sahnya dengan tanda tangan basah karena setiap orang yang bisa tanda tangan elektronik terdaftar dan terverifikasi oleh Penyelenggara Sertifikasi Elektronik yang resmi. Untuk memastikan PSrE itu resmi silahkan dibuka di situs Kominfo sub domain tte.kominfo.go.id pastikan nama penyelenggara Tanda Tangan Elektronik terdaftar disana.

Jika kita sudah memiliki TTE atau terverifikasi maka memudahkan kita untuk mendaftar atau buka rekening bank ke Ibukota atau Luar Negeri karena persyaratan Tanda Tangan bisa via Internet. Jadi kalau pemirsa ingin online 100% pastikan terdaftar ke PSrE yang resmi. Ini adalah bagian resolusi pak Jokowi yang ingin Indonesia menjadi Ekonomi Digital terbesar di ASEAN.

Sumber Majalah Tempo

Komentar