KIPI Kalimantan Utara Hijau

Jakarta, 28 Februari 2023. Presiden Indonesia, Joko Widodo atau Jokowi, mengumumkan rencana pembangunan pabrik pertama kendaraan listrik atau baterai EV di Kawasan Industri PT Kalimantan Industrial Park Indonesia (KIPI) di Kalimantan Utara. Luas kawasan industri ini mencapai 13.000 hektar yang akan disiapkan untuk pengembangan industri baterai EV (Bateri mobil listrik) pertama di Indonesia.

Selamat Pekan Gawai Dayak ke-38 dari DPRD Kab. Sanggau

Ilustrasi EV (Google)

Pabrik petrokimia dan industri aluminium juga akan dibangun di kawasan tersebut. Presiden Jokowi menekankan bahwa pengembangan kawasan ini harus didukung oleh energi terbarukan dan tenaga air dari Sungai Mentarang dan Sungai Kayan di Kalimantan Utara.

Ilustrasi

Meskipun pada awal beroperasi kawasan tersebut masih menggunakan listrik dari PLN, namun perpindahan ke energi hijau akan dilakukan secara bertahap. Selain itu, Presiden Jokowi juga berharap barang-barang yang diproduksi oleh pabrik-pabrik tersebut merupakan green product agar KIPI Kalimantan Utara dapat dinyatakan sebagai kawasan industri hijau terbesar di dunia.

Presiden Joko Widodo beserta rombongan di Kaltara atau kalut

Pembangunan KIPI dimulai pada Desember 2021 dan diharapkan dapat membantu negara mengekspor barang jadi atau barang setengah jadi, bukan bahan mentah. Presiden Jokowi mengibaratkan KIPI sebagai lompatan ekonomi Indonesia di kancah internasional dan optimis bahwa Indonesia akan mendapatkan keuntungan secara nyata lima sampai 10 tahun dari sekarang.

Tiktok @jokowibersamarakyat_ri

(Kalimantan Maju)

Slideshow ini membutuhkan JavaScript.

Silahkan berkomentar

Eksplorasi konten lain dari Sanggau Informasi

Langganan sekarang agar bisa terus membaca dan mendapatkan akses ke semua arsip.

Lanjutkan membaca

Scroll to Top