HERI WIJAYA : ORANG TUA HARUS ATUR YOUTUBE SETINGAN ANAK-ANAK

Sanggau Informasi, Kantor DPRD Kabupaten Sanggau, Jumat 14 Februari 2020. Anggota DPRD dari Fraksi Amanat Persatuan pak Heri Wijaya politikus Perindo prihatin dengan berita puluhan siswa menyileti kulitnya terkait tontonan Youtube di Sosok Tayan Hulu. Pak Heri Wijaya menuturkan bahwa ini adalah tanggung jawab kita bersama untuk menjaga anak dari radikal bebas teknologi networking Internet. Kita disini adalah pertama Orang Tua, Guru di sekolah, pemerintah dan orang dewasa disekitar lingkungan anak-anak.

“Untuk kemajuan anak-anak smartophone tetap diberikan tapi harus dengan batas waktu yang wajar dan pengaturan khusus untuk anak-anak sehingga ketika anak-anak mengakses Playstore aplikasi dan game khusus dewasa tidak tampil dan begitu juga khusus aplikasi Youtube diatur batas usianya sehingga tontonan yang tidak pantas tidak tampil, saya rekomendasikan smartphone khusus anak-anak instal Youtube kid saja” begitu gumam pak Heri Wijaya.

Sedangkan untuk mengatur smartphone setingan anak-anak orang tua bisa menggunakan jasa petugas Counter HP atau ikuti petunjuk dibawah ini:

Khusus Smartphone Asus :

  1. Masuk di Pengaturan
  2. Pilih Lanjutan
  3. Pilih Mode Anak

Khusus Samsung Galaxy Note 7 / Galaxy A7 / Galaxy A8 / Galaxy Note4 / Galaxy Note5 / Galaxy Note Edge / Galaxy S5 Neo / Galaxy S6 / Galaxy S6 Edge / Galaxy S6 Active / Galaxy S6 Edge Plus / Galaxy S7 / Galaxy S7 Edge / Galaxy A5 / Galaxy Alpha / Galaxy E5 / Galaxy E7 / Galaxy A5 (2016) / Galaxy A7 (2016) / Galaxy Tab S2 (8.0, 9.7) / Galaxy Tab A (8.0, 9.7, 7.0, 10.1) Galaxy Tab A Plus (8.0, 9.7) / Galaxy Tab E (9.6)

  1. Install aplikasi kids mode dari Google Play Store
  2. Setelah aplikasi Kids Mode terpasang di perangkat samsung kita,  buka aplikasi kidsmode untuk mendownload file tambahan untuk aplikasi Kids Mode.
  3. Baru kemudian kita bisa mulai menggunakannya.
  4. Pertama kali kita mengaktifkan Kids Mode, akan keluar menu untuk membuat PIN yang terdiri dari 4 digit angka. Pastikan PIN tersebut mudah untuk kita ingat, tapi sulit ditebak oleh anak-anak kita.
  5. Pin ini nantinya bisa kita gunakan untuk mengubah setelan kontrol orang tua atau parental control pada kids mode, juga bisa kita gunakan untuk keluar dari aplikasi kids mode
  6. Selanjutnya kita mengisi profil putra-putri kita untuk aplikasi kids mode, dimulai dengan mengisi data anak
  7. Di dalam profil ini kita bisa menentukan daftar kontak siapa saja yang bisa dihubungi oleh putra-putri kita, sehingga mereka aman dari telepon oleh orang yang tidak dikenal. Selain itu, kita juga bisa menentukan aplikasi apa saja yang boleh digunakan oleh putra putri kita.
  8. Fitur yang menurut kami paling berguna dari aplikasi Kids Mode ini adalah fitur timer atau pembatasan waktu penggunaan gadget. Cara pengaturannya adalah dengan melakukan klik pada ikon profil, kemudiam memasukkan PIN kita.

Baca juga:  Victorianus Yanto Laung : Resume Audiensi Perusahaan dan DAD Kecamatan Tayan Hilir

Di halaman parental control atau control orangtua, terdapat menu untuk mengatur berapa lama putra-putri kita bisa menggunakan gadget. Setelan awal menetapkan tanpa batas waktu atau unlimited. Akan tetapi, kita bisa tetapkan timer atau pembatas waktu dengan batas waktu maksimal yang disediakan adalah sebanyak 3 jam per hari. Fitur pembatas waktu ini terbagi untuk hari kerja dan akhir minggu atau hari libur.

Menu parental control juga menyediakan pilihan untuk mengubah daftar kontak, daftar aplikasi yang bisa digunakan, dan daftar media yang bisa dibuka. Apabila putra putri kita telah selesai menggunakan atau bermain dengan gadget tersebut. kita bisa keluar dari aplikasi kids mode dengan menekan tombol keluar dan memasukkan pin kita.

“Saya berharap kita duduk semeja menyelesaikan ini, tidak perlu lagi saling menyalahkan. Anak-anak ini tanggungjawab kita, bukan hanya orang tua dan pihak sekolah tapi juga pemerintah dan orang dewasa disekitar lingkungan bermainnya,” pesan Heri Wijaya.

Pos Terkait:

Komentar