Lompat ke konten

Harapan Ketua BAMAG terkait Pembangunan Gereja-gereja di Kabupaten Sanggau

Sanggau, Tayan Hilir, Desa Subah. 30 Mei 2023. Kabupaten Sanggau, sebagai salah satu daerah di Indonesia, memiliki komunitas umat Kristen yang berkembang pesat. Gereja-gereja di wilayah ini memiliki peran penting dalam pembinaan umat dan berkontribusi pada kehidupan masyarakat. Ketua Badan Masyarakat Kristen (BAMAG), Bapak Petrus Musa, menyampaikan harapannya terkait pembangunan gereja-gereja di Kabupaten Sanggau. Beliau mengajak gereja-gereja Kristen yang menerima dana hibah dari Pemerintah Daerah Sanggau untuk memanfaatkannya sesuai dengan peruntukannya dan bertanggung jawab dalam memberikan laporan (SPJ) sesuai dengan instrumen teknis yang ditetapkan oleh Kesra Kabupaten Sanggau.

Selamat Pekan Gawai Dayak ke-38 dari DPRD Kab. Sanggau

Peletakan batu pertama

Salah satu hal yang dianggap penting oleh Bapak Petrus Musa adalah bahwa dengan dibangunnya gedung gereja baru, gereja-gereja harus berkomitmen menjaga kesaksiannya. Gereja diharapkan dapat membantu pemerintah dalam memberikan pembinaan kepada masyarakat, khususnya umat Kristen, agar mereka dapat menjadi anggota masyarakat yang produktif dan bersumbangsih di setiap lingkup keberadaannya. Hal ini bertujuan untuk memuliakan Kristus sebagai kepala Gereja.

kepala desa Subah bapak Yulianus Atin (tengah)
kepala desa Subah bapak Yulianus Atin (tengah)

Selain itu, Bapak Petrus Musa juga meminta gereja-gereja bertanggung jawab dalam mengadministrasikan segala sesuatunya dengan baik dan benar. Hal ini bertujuan agar gereja dapat berperan dalam mengidentifikasi persoalan yang ada dan memberikan solusi praktis, sehingga kehidupan bermasyarakat tetap terjaga dalam situasi yang kondusif. Dengan bertanggung jawab dalam administrasi, gereja dapat berkontribusi secara lebih efektif dalam membangun masyarakat dan menyelesaikan masalah yang dihadapi.

Bapak Petrus Musa bersama ketua DPRD Sanggau bapak Jumadi, S.Sos dan anggota Bamag

Dalam menyongsong pelaksanaan pesta demokrasi baik di tingkat legislatif maupun eksekutif pada tahun 2024, Bapak Petrus Musa mengajak umat Kristiani yang memiliki hak konstitusional untuk tidak golput. Ia meminta agar hak tersebut digunakan dengan benar, bertanggung jawab, dan mempertimbangkan berbagai implikasi politis (dampak yang muncul). Tujuannya adalah agar gereja ikut serta dalam menciptakan pemimpin Sanggau yang memiliki kapasitas, kinerja yang baik, berani mengeksekusi kebijakan, dekat dengan masyarakat, serta berpihak pada kepentingan publik. Selain itu, Bapak Petrus Musa berharap Sanggau dapat menjadi rumah bersama bagi semua warga yang hidup dalam komunitas yang heterogen (banyak etnis).

BAMAG sebagai badan pengurus gereja-gereja di Kabupaten Sanggau siap memberikan pendampingan, pemahaman, dan wawasan kepada umat Kristiani terkait berbagai isu. Hal ini bertujuan agar umat Kristiani tetap setia menjaga keutuhan, keamanan, dan kenyamanan, serta turut serta dalam membangun Kabupaten Sanggau yang tercinta. Semua ini dilakukan dalam semangat kebersamaan, keberagaman, dan menjaga komitmen cinta kasih.

Makan makan (oji daeng)

Dalam kesempatan ini, Ketua BAMAG, Bapak Petrus Musa, juga mengucapkan selamat atas dimulainya pembangunan Gedung Persekutuan Pembangunan Gereja Terentang Baru (GEPEMBRI). Bapak Petrus Musa datang lansung bersama ketua DPRD Sanggau bapak Jumadi, S.Sos menyaksikan penancapan batu pertama tersebut. Hal ini menunjukkan langkah nyata dalam memperkuat komitmen gereja dalam membangun dan memuliakan nama Tuhan. Soli Deo Gloria.

Slideshow ini membutuhkan JavaScript.

Eksplorasi konten lain dari Sanggau Informasi

Langganan sekarang agar bisa terus membaca dan mendapatkan akses ke semua arsip.

Lanjutkan membaca