Lompat ke konten

Dewan dan Kades Sanggau ucapkan Selamat Hari Raya Nyepi

Hari Nyepi merupakan salah satu perayaan yang sangat penting bagi umat Hindu di seluruh dunia. Perayaan ini dirayakan sebagai hari istirahat dan perenungan diri, di mana umat Hindu dianjurkan untuk tidak bekerja, tidak berbicara, dan tidak menggunakan peralatan elektronik. Selama perayaan Hari Nyepi, umat Hindu menjalani empat larangan yang dikenal sebagai Catur Brata Penyepian. Catur Brata Penyepian terdiri dari empat aturan yaitu Amati Geni (tidak menyalakan api), Amati Karya (tidak melakukan pekerjaan), Amati Lelungan (tidak bepergian), dan Amati Lelanguan (tidak berhibur atau merayakan).

Selamat Pekan Gawai Dayak ke-38 dari DPRD Kab. Sanggau

Perayaan Hari Nyepi merupakan perayaan tahunan yang jatuh pada tanggal baru dalam penanggalan Saka, yaitu kalender Hindu. Hari Nyepi biasanya dirayakan pada bulan Maret atau April setiap tahunnya. Perayaan ini dirayakan selama satu hari penuh dan dimulai dari tengah malam hingga keesokan harinya. Selama perayaan Hari Nyepi, umat Hindu di Indonesia dan di seluruh dunia menjalani puasa dan melakukan meditasi untuk merenungkan hidup dan kehidupan.

Hari Nyepi juga dianggap sebagai hari yang sangat penting bagi masyarakat Bali di Indonesia. Di Bali, perayaan Hari Nyepi biasanya dirayakan dengan melakukan serangkaian upacara tradisional, seperti Melasti dan Tawur Kesanga. Melasti dilakukan pada hari sebelum Hari Nyepi dan bertujuan untuk membersihkan dan memurnikan benda-benda suci serta menghormati dewa-dewa Hindu. Sedangkan Tawur Kesanga dilakukan pada hari sebelum Hari Nyepi dan bertujuan untuk memberikan sesajen kepada dewa-dewa agar dapat memberikan keberkahan dan kebahagiaan bagi umat manusia.

Meskipun perayaan Hari Nyepi merupakan perayaan agama Hindu, namun perayaan ini juga diperingati oleh masyarakat Indonesia sebagai hari libur nasional. Pada Hari Nyepi, seluruh kegiatan umum dihentikan dan umat manusia dihimbau untuk beristirahat dan merenungkan hidup dan kehidupan. Oleh karena itu, perayaan Hari Nyepi memiliki makna yang sangat penting bagi umat Hindu dan masyarakat Indonesia secara umum. Melalui perayaan ini, kita dapat belajar untuk merenungkan kehidupan dan menemukan kedamaian dalam diri sendiri.

Slideshow ini membutuhkan JavaScript.

Eksplorasi konten lain dari Sanggau Informasi

Langganan sekarang agar bisa terus membaca dan mendapatkan akses ke semua arsip.

Lanjutkan membaca