SANGGAU – Aula Sehati Forum Sabang Merah Kelurahan Bunut di Antong Ngelayan Keluarga Komplek Sabang Merah Sanggau diresmikan oleh Wakil Bupati Sanggau, Drs. Yohanes Ontot, M.Si, Kamis (17/12/2020).

Foto bersama

Hadir dalam kesempatan tersebut Kepala Dinas Sosial Provinsi Kalbar Golda Marganda Purba, Kepala Dinas Sosp3akb Kabupaten Sanggau Drs. Aloysius Yanto, M.Si, Pelindung Forum KS Sabang Merah Kelurahan Bunut Ny. Arita Apolina, S.Pd, M.Si sekaligus selaku Ketua TP PKK Kabupaten Sanggau, Ketua GOW Kabupaten Sanggau Ny. Yohana Kusbariah Ontot, Ketua Forum Sabang Merah Kelurahan Bunut Mas Kartini, S.Sos, M.Si, Perwakilan dari Kecamatan Kapuas dan para Ketua RT Kelurahan Bunut.

Usai meresmikan Aula Sehati, Wakil Bupati Sanggau Yohanes Ontot ketika diwawancarai mengucapkan terimakasih kepada pemerintah pusat dalam hal ini dari Kementerian Sosial Republik Indonesia yang sudah memberikan bantuan ini terkait program keserasian sosial berbasis masyarakat dalam mencegah konflik sosial.

“Sehingga bantuan ini dikelola oleh Forum Sabang Merah, seperti yang kita lihat hari ini dimana sudah kita resmikan Aula Sehati dan tentu ini berguna bagi pembinaan dan pengembangan dalam kepentingan sosial lainnya untuk Kabupaten Sanggau. Tentu ini tidak hanya digunakan oleh satu pihak saja, yang bersifat sosial ini tentu lintas kepentingan sosial dalam strata kemasyarakatan,” ujar Wakil Bupati Sanggau Yohanes Ontot.

Kemudian, lanjut Wabup Yohanes Ontot yang mana dilingkungan ini banyak lembaga sosial.

“Di lingkungan Antong Ngelayan ada beberapa lembaga seperti misalnya Bunda PAUD, TP PKK, Lansia Sabang Merah dan nanti ditempat ini kita jadikan pusat pelayanan sosial. Semua organisasi yang bersifat sosial atau organisasi kemasyarakatan itu berada di lingkungan Antong Ngelayan Keluarga di Komplek Sabang Merah Sanggau di bawah kendali Pemerintah Kabupaten Sanggau,” jelasnya.

Oleh karena itu, lanjut dia ini sebuah kawasan yang kita rencanakan, kita rancang secara baik dan ramah lingkungan untuk kedepan.

“Bukan hanya untuk kepentingan organisasi, akan tetapi tentu kepentingan masyarakat. Kedepan ditempat ini sudah menjadi kawasan hijau maka bisa menjadi tempat orang belajar dan disini juga para Ibu-ibu bermacam-macam kegiatan yang dilakukan, seperti misalnya tanam sayur dan lain-lain,” ucapnya.

Berikutnya, Kepala Dinas Sosial Provinsi Kalbar Golda Marganda Purba menjelaskan program keserasian sosial tersebut diharapkan dapat menimbulkan semangat gotong-rotong.

“Kemudian berbagai konflik-konflik sosial bisa terselesaikan. Karena disini pilar-pilar sosial banyak, ada PAUD, PKK, FKUB, Perpustakaan dan dinas-dinas. Jadi sebagaimana yang sudah disampaikan pak Wakil Bupati bahwa bukan saja tempat ini digunakan oleh satu pihak saja, akan tetapi untuk masyarakat secara umum,” jelas Kepala Dinas Sosial Provinsi Kalbar Golda Marganda Purba.

 

Pada kesempatan yang sama Kepala Dinas Sosp3akb Kabupaten Sanggau Aloysius Yanto menyampaikan selaku Pemerintah Kabupaten Sanggau mengucapkan terimakasih kepada Kementerian Sosial RI melalui Dinas Sosial Provinsi Kalbar.

“Kenapa? Karena kita baru tahun ini pertama kali mendapat bantuan program keserasian sosial dari Kementerian Sosial RI dan dengan diresmikan Aula Sehati ini yang di kelola oleh Forum Sabang Merah, tentu harapan kami masksimalkan khususnya masyarakat di Kelurahan Bunut untuk menggunakan Aula terbuka ini. Karena Aula ini terbuka untuk masyarakat dan ini menjadi suatu tempat untuk berdiskusi dalam menyelesaikan masalah,” harap Kadis Sosp3akb Sanggau, Aloysius Yanto.

Pemberian bantuan kursi roda dari Dinas Sosial Provinsi Kalbar dan pemberian bingkisan paket dari Forum Sabang Merah yang diserahkan oleh Wakil Bupai Sanggau kepada Bapak Fransiskus Hendrosius.

Penulis         : Alfian

Tinggalkan Balasan